Auto Translate Game Visual Novel menggunakan Textractor

Auto Translate Game Visual Novel menggunakan Textractor. Jika kamu suka bermain visual novel namun tidak dapat membaca aksara Jepang, mungkin kamu butuh text hook untuk menangkap tulisan didalam game dan mentranslate nya. Banyak sekali tool VN translator yang bisa kalian temukan di Google, namun saya baca rata-rata terlalu ribet karena harus menginstall lebih dari satu tool.

Nah, kalian bisa menggunakan Textractor, yang penggunaannya cukup simple. Saya sendiri sudah menggunakannya sejak pertama kali kenal VN di pertengahan 2018, dan saat artikel ini dirilis ternyata perkembangan aplikasi atau tool ini cukup meningkat.

Kalian bisa download toolnya disini. Nanti setelah diinstall akan ada dua folder didalam yakni x64 dan x86. Saya sendiri merekomendasikan kalian untuk menggunakan versi x86 karena ini support untuk game game 32bit (dimana kebanyakan game VN adalah 32bit).

Cara Menggunakan Textractor

Buka aplikasi Textractor. Lalu klik opsi Lauch Game

Selanjutnya tentukan path dimana game yang ingin dimainkan.

Lalu klik Emulate. Ini yang saya suka dari Textractor karena ada fitur locale emulator sehingga beberapa aksara di menu yang mungkin tidak terbaca menjadi terbaca.

Maka game akan terbuka.

Selanjutnya coba mainkan game nya. Jika dialog tidak muncul, pilih di bagian layer mana teks dialog ditampilkan.

Biasanya sih ada di paling bawah. Dan ini adalah hasilnya ketika dialog didalam game sudah terdeteksi.

Done.

Translator yang digunakan disini adalah Google Translate. Jadi pastikan kalian terhubung ke internet saat menggunakan tool ini. Dan satu lagi, karena ini menggunakan Google Translate maka di beberapa terjemahan mungkin akan miss. Namun tetap saja ini akan sangat membantu kita untuk memahami alur game, terutama yang samasekali gak bisa bahasa Jepang.

Oke, mungkin itu saja artikel kali ini. Silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here