Cara Mengedit File Hosts di Sistem Operasi Windows

Cara Mengedit File Hosts di Sistem Operasi Windows. Halo sobat, kalo ini masih seputar tutorial Windows yaktu cara mengedit file hosts di Windows. Ada banyak alasan kenapa seseorang memodifikasi file hosts di komputernya, antara lain untuk mempercepat resolve DNS, ataupun untuk memblokir website tertentu.

Kita bisa mengedit file hosts di Windows memanfaatkan aplikasi bawaan Windows yaitu Notepad. Oke langsung saja ke tutorial ya..

Yang Dibutuhkan

  • Komputer dengan OS Windows
  • User dengan hak akses Admin

Oke jika syarat diatas sudah dipenuhi, lanjut ke langkah-langkahnya.

Cara Mengedit File Hosts di Windows

Pertama, buka Notepad dengan akses admin (run as admin).

 

Lalu buka file hosts di lokasi

C:\Windows\System32\drivers\etc

Misalnya kita ingin memblokir website berbahaya di alamat websitemalware.com, maka edit file hostnya dengan mengarahkan situs websitemalware.com ke localhost.

127.0.0.1 websitemalware.com

Dengan begitu, websitemalware.com tidak akan bisa diakses dari komputer yang hosts nya kita edit.

Atau jika kita ingin mempercepat resolve DNS, kita juga bisa memanfaatkan file hosts. Sebagai contoh web teknokompi.com awalnya beralamat di 192.168.44.2. Kemudian selang beberapa waktu admin memutuskan untuk pindah server ke alamat 192.169.23.55. Nah, meski kita sudah mengupdate A Record di DNS Manager, biasanya tampilan website masih yang lama dikarenakan adanya cache. Nah kita bisa mempercepat resolve DNSnya dengan menambahkan ip atau alamat barunya di file hosts.

192.169.23.55 teknokompi.com

Mudah bukan?

Kesimpulan

File hosts merupakan file yang amat sangat penting di Windows. Kita bisa mengedit file tersebut menggunakan aplikasi Notepad yang dijalankan dengan akses administrator. Kita bisa mengedit file hosts untuk memblokir akses ke website tertentu maupun untuk mempercepat resolve dns.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here