Cara Transfer Domain dari Registrar Lain ke Namecheap

Cara Transfer Domain dari Registrar Lain ke Namecheap. Ada banyak alasan kenapa seorang pemilik domain ingin mentransfer domainnya ke registrar lain. Misalnya karena memiliki pengalaman buruk di registrar sebelumnya, harga yang lebih murah di registrar baru, dll. Nah di tutorial ini saya akan membahas bagaimana cara mentransfer atau memindahkan domain dari registrar lain ke Namecheap.

Di tutorial ini saya akan mentransfer domain dari IDwebhost ke Namecheap.

Pertama , pastikan kalian sudah login di akun Namecheap. Lalu klik link Transfer Domain Namecheap. Dan masukkan domain yang ingin ditransfer.

Jika domainnya memang bisa ditransfer, kalian akan dibawa ke halaman yang meminta kode verifikasi seperti dibawah ini:

Nah untuk mendapatkan Auth Code, kalian harus login ke akun domain di registrar lama. Di IDwebhost, login lalu klik menu Domain.

Lalu klik domain yang ingin ditransfer.

Klik menu Kunci Domain, klik matikan kunci domain.

Untuk mentransfer domain kita memang diharuskan untuk membuka kuncinya terlebih dahulu. fungsi Lock Domain sendiri digunakan untuk mengamankan domain kita dari transfer domain yang tidak diinginkan. Misalnya seorang hacker mendapatkan auth code domain dengan metode brute force, mereka tetap tidak bisa mentransfer domain kita jika lock domain masih aktif.

Baca juga:

Selanjutnya klik menu Kode EPP. Disana ada auth code yang nantinya digunakan untuk verifikasi transfer domain. Copy code tersebut.

Balik ke laman Transfer Domain Namecheap, centangĀ I understand that I need to unlock the domain I want to transfer, lalu masukkan auth code yang kalian dapatkan dari registrar sebelumnya. Selanjutnya klik tombol keranjang yang ada di pojok kanan.

Untuk mentransfer domain sendiri, biasanya kita diharuskan untuk membayar domain di satu tahun kedepan sehingga nanti masa aktif domain adalah sisa masa aktif di registrar lama ditambah satu tahun masa aktif di registrar baru, yang dalam hal ini adalah Namecheap. Di beberapa registrar ada yang cuma diharusnya membeli enam bulan, namun rata rata minimal satu tahun.

Selanjutnya tinggal lanjutkan transaksi seperti order domain pada umumnya.

Setelah proses pembayaran selesai, domain akan ada di list di dalam akun Namecheap kita. Namun statusnya adalah pending transfer. Itu dikarenakan proses transfer domain belum diselesaikan oleh pihak registrar lama.

Proses transfer domain ini akan selesai dalam lima hari kerja. Di beberapa registrar kita bisa meminta tolong untuk meproses agar transfer domain dipercepat. Dan memang itu bisa dilakukan. Tapi ketika saya coba chat ke cs IDwebhost, mereka bilang tidak bisa.

Setelah menunggu selama lima hari kerja, akan ada email pemberitahuan dari Namecheap bahwa transfer domain sudah selesai.

Mudah bukan?

Baiklan sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here