Deteksi Situs Phising dengan Phishcheck

Deteksi Situs Phising dengan Phishcheck – Di internet yang serba bebas kita bisa mendapatkan keuntungan kalau kita bisa benar-benar bisa memanfaatkannya. Disisi lain kalian yang terhubung ke internet bisa jadi juga merupakan target hacker yang ingin meretas akun atau ingin mencuri isi rekeningmu.

Banyak kasus pencurian kartu kredit ataupun saldo PayPal di dunia maya yang dilakukan oleh para “maling online” atau carder. Dari kebanyakan kasus, rata-rata korbannya terkena serangan phising sebelum tanpa sadar data kartu kredit yang mereka miliki digunakan oleh para carder tersebut untuk berbelanja online.

Alurnya sendiri biasanya para penjahat dunia maya tersebut mengirim scam via email mengatasnamakan perusahaan resmi (contohnya PayPal atau Apple) yang berisi pemberitahuan bahwa kartu kredit mereka diblokir dan untuk mengaktifkannya kembali mereka harus memverifikasi data kartu kredit beserta identitas mereka. Di email scam tersebut mereka menambahkan link “phising” yang nantinya digunakan untuk merekam seluruh inputan data dari korban yang berhasil diperdaya.

Sepele memang, namun dikarenakan banyaknya orang awam yang terkadang tidak peduli dengan pentingnya melindungi privasi, tanpa sadar mereka “memberikan” data kartu kredit mereka ke para penjahat dunia maya.

Nah, salahsatu cara untuk menghindari situs phising seperti itu adalah dengan kita mulai mempelajari bagaimana cara mengenali situs phising. Usahakan JANGAN pernah login di situs yang tidak resmi, sebagai contoh login di situs yang memiliki tampilan mirip dengan PayPal namun domainnya bukan paypal.com.

Deteksi Situs Phising dengan Phishcheck

Phishckeck adalah situs yang dapat membantumu untuk membedakan apakah situs yang dikunjugi merupakan situs phising atau bukan. Memang mungkin saja tidak bisa dijadikan acuan 100%, karena bisa saja ada beberapa situs yang lolos pengujian, namun situs ini tetap bisa kalian coba.

Situs ini memunculkan hasil atau kesimpulan berdasarkan data yang diambil dari¬†Google SafeBrowsing dan¬†PhishTank Database serta beberapa parameter lain. Berikut contoh situs yang “dicurigai” sebagai phising.

Jika kalian penasaran ingin mencoba, kalian bisa langsung ke websitenya di

  • https://phishcheck.me

Akhir kata, selalu berhati hati di dunia maya. Jangan terlalu “enteng” untuk menginputkan data pribadi yang bersifat sensitif. Selalu cek apakah situs tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Jangan lupa bagikan ke teman-temanmu jika informasi ini bermanfaat, agar mereka tau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here