Kenalan sama Validitas.id, Situs untuk Cek Berita Hoax di Sosial Media

Kenalan sama Validitas.id, Situs untuk Cek Berita Hoax di Sosial Media. Semakin dekat dengan pemilu biasanya semakin gencar pula penyebaran berita hoax dari salahsatu kubu untuk menyerang kubu lain yang dilakukan oleh bara buzzer bayaran. Yang rugi tentu adalah rakyat kecil karena terpovokasi berita hoax atau palsu tersebut.

Selain dari dunia politik, banyak sekali hoax yang oleh penciptanya memang ditujukan untuk mencari sensasi.Hoax seperti berita palsu tentang datangnya bencana, berita tentang makanan atau minuman palsu, dan sebagainya juga merugikan perusahaan dan juga masyarakat karena menimbulkan kepanikan publik.

Oleh sebab itu, sebagai netizen kita juga harus cerdas memilah mana berita hoax mana berita yang asli. Disinilah muncul Validitas.id, salahsatu platform yang akan membantu kalian untuk mengecek suatu pernyataan yang viral di media sosial adalah hoax atau bukan.

Apa itu Validitas.id?

Validitas merupakan aplikasi yang dapat memprediksi apakah suatu berita merupakan berita bohong (hoax) atau bukan dengan melakukan analisis terhadap konten berita terkait narasi tersebut. Validitas bersifat netral dan tidak berafiliasi dengan oganisasi politik manapun. Analisa dilakukan secara otomatis oleh sistem.

https://validitas.id/ sendiri merupakan aplikasi yang dapat mengidentifikasi apakah suatu narasi berita merupakan berita hoax atau bukan dengan melakukan analisa terhadap artikel terkait yang membahas narasi berita tersebut.

Baca juga:

Aplikasi ini pada awalnya dibuat sebagai tugas akhir mata kuliah Artificial Intelligence Muhammad Ihsan di Universitas Bina Nusantara dan bekerja secara penuh memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Neural Network) dalam melakukan analisa.

Namun setelah melakukan rilis secara terbatas dan melakukan riset lebih lanjut, akhirnya disadari bahwa aplikasi ini tidak memiliki cukup data untuk melakukan training data pada kecerdasan buatan tersebut. Sehingga hasilnya masih jauh dari ekspektasi.

Akhirnya setelah menyadari hal tersebut, pihak pengembang apliakasi memutuskan untuk membuat algoritma baru yang lebih efektif dan akurat dalam mengidentifikasi kredibilitas suatu berita. Yaitu dengan melakukan pengecekan pada artikel terkait yang membahas narasi berita tersebut dari sumber terpercaya, dan mengambil kesimpulan dari sumber tersebut.

https://validitas.id/ tidak diperuntukkan untuk menjawab hal-hal bersifat ilmiah ataupun jawaban yang bersifat subjektif. Melainkan https://validitas.id/ diperuntukkan untuk mendeteksi hoax yang banyak tersebar di masyarakat dan sebelumnya telah diulas oleh media-media besar. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here