Memblokir Backlink Spam yang Berpotensi Merusak Reputasi Website di Mata Google

Memblokir Backlink Spam yang Berpotensi Merusak Reputasi Website di Mata Google. Backlink merupakan salahsatu faktor yang menentukan ranking dari sebuah website di mesin pencari. Dengan backlink yang berkualitas, website atau blog kita akan lebih gampang masuk ke halaman pertama di pencarian. Backlink yang tertata rapi juga bisa mempercepat proses menaikkan value DA dan PA dari domain blog.

Namun taukah kamu, jika backlink digunakan terlalu berlebihan, maka dampak yang terjadi adalah sebaliknya. Terutama jika backlink tersebut berasal dari situs yang oleh Google sudah dianggap sebagai situs spam, maka website yang dibacklink juga akan terkena dampaknya. Paling parah, website atau blog kita akan menerima penalti berupa deindex dari mesin pencarian.

Teknik spam backlink seperti ini tentu tidak akan digunakan oleh mereka yang memang sudah paham masalah SEO. Tapi, teknik seperti ini biasanya malah digunakan oleh para webadmin curang untuk menjatuhkan website pesaingnya. Yup, mereka menanam backlink spam ke web saingan dengan harapan web saingannya tersebut terkena penalti dari Google.

Baca juga:

Itulah kenapa kita sebagai admin web, selain harus pandai untuk membuat artikel juga harus paham masalah SEO. Setidaknya sampai tingkat dasar. Di tutorial ini saya akan membahas cara memblokir backlink spam tersebut memanfaatkan tool bernama Google Disavow Tool.

Memblokir Backlink Spam

Pertama, kita buat daftar terlebih dahulu domain atau link mana yang ingin diblokir. Untuk melihat backlink spam kalian bisa menggunakan Google Webmaster, atau tool berbayar Ahrefs.

Lalu kita buat daftar link dan domain yang ingin diblokir. Berikut formatnya:

domain : spamlink.com
https://spamlink.com/articlespam/

Jika ingin memblokir domain, tambahkan domain didepannya, jika hanya ingin memblokir link dari halaman tertentu cukup blokir saja urlnya. Tapi saya rekomendasikan langsung blokir saja domainnya jika memang domain tersebut digunakan untuk spam backlink. Simpan filenya dengan format .txt.

Selanjutnya pergi ke halaman Google Disavow Tool. Dan submit filenya di halaman upload.

Done. Sekarang serahkan keputusannya pada Google.

Tujuan dari disavow link sendiri adalah untuk memberitahu Google agar menghiraukan link yang kita submit  sehingga link-link spam tersebut tidak dihitung dalam penilaian website kita di mesin pencari.

Perlu diketahui bahwa jika kita ingin mengupdate list Disavow link, kita harus mengupdate list yang sudah ada. Jangan membuat file baru dengan daftar baru, karena list sebelumnya akan dihiraukan.

Sekian tutorial singkat kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here