Mengatasi Masalah Valuable Inventory: Under Construction saat Review Site Google Adsense

Mengatasi Masalah “Valuable Inventory: Under Construction” saat Review Site Google Adsense. Sepertinya pihak Google mulai meningkatkan kriteria situs yang diterima dalam program Google Adsense. Baru-baru ini saya sempat mengalami penolakan saat review Google Adsense.

Seperti biasa, saya bukan orang yang akan menunggu lama untuk mendaftarkan situs ke Adsense. Setelah membeli domain, setup serverblock, install WordPress, buat artikel. Tak lupa pasang lamanĀ About us, Contact us, Disclaimer, serta Privacy policy. Semuanya siap dalam waktu dua jam (karena artikel yang akan saya gunakan untuk mendaftarkan Google Adsense memang sudah saya siapkan sebelumnya dan saya simpan di GitHub dalam bentuk markdown). Hari itu juga saya daftarkan ke Google Adsense. Oh iya, ada sekitar empat artikel saat saya mengajukan situs saya di program Google Adsense.

Ternyata setelah menunggu selama tiga hari mendapat balasan, bahwa situs ditolak dengan alasanĀ “Valuable Inventory: Under Construction“. Karena saya pikir robot Google mendeteksi situs saya yang DNS nya belum resolve (dua jam setelah registrasi di domain langdung diajukan adsense), saya ajukan ulang tanpa melakukan perubahan apapun.

Ternyata untuk keduakalinya situs saya ditolak. Disini saya yakin bahwa masalahnya bukan kesalahan crawl, tapi memang ada yang tidak beres di situs saya. Mulailah saya cari cari topik serupa di Forum Google, ternyata jawaban dari seluruh masalah yang ada hampir sama “situs harus minimal berumur enam bulan dengan konten original sekitar 50“. Woi woi woi… serius nih?

Jawaban yang saya dapat memang diluar ekspektasi, namun sampai disini saya tau kalau masalahnya ada di “konten”. Ya, saya menarik kesimpulan bahwa alasan situs saya ditolak karena Google menganggap situs yang baru dibuat, dengan sedikit konten sebagai situs yang maslh dalam masa pengembangan atau belum siap.

Iseng, saya tambah dua artikel lagi, lalu saya daftarkan kembali. Alhasil ditolak. Begitu seterusnya sampai akhirnya di artikel ke 13, situs saya diterima di Google Adsense.

UwU

Sebegai tambahan, dari pertamakali saya daftar adsense, mengalami penolakan 5x, sampai akhirnya diterima, seluruhnya memakan waktu sekitar satu bulan. Mungkin jika saya langsung tau dari awal tentang mengatasi masalah ini, bisa lebih cepat.

Kesimpulan

Untuk mengatasi masalah penolakan saat review Google Adsense dengan alasan “Valuable Inventory: Under Construction“, pertama pastikan seluruh kerangka situs lengkap, mulai halaman contact, about, dll. Jika masih ditolak dengan alasan under construction, berarti masalahnya ada di konten. Kemungkinan besar karena jumlah konten kurang. Di kasus saya, situs diterima dengan jumlah konten 13 artikel. Situs saya diterima dalam waktu sebulan, menandakan statement “situs minimal harus berumur 6 bulan” adalah tidak tepat.

Oke mungkin itu saja yang bisa saya share, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here