Mengenal Automatic Private IP Addressing di Windows

Mengenal Automatic Private IP Addressing di Windows. Sebenarnya ini juga merupakan pengetahuan baru bagi saya yang memang buta dengan masalah networking ini. Maksudnya, saya sendiri sering banget ketemu kasus seperti ini, namun baru tau kalau apa itu APIPA.

Automatic Private IP Addressing atau biasa disingkat APIPA adalah fitur pada sistem operasi Windows yang ditujukan untuk perusahaan kecil yang memiliki klien berjumlah 25 atau kurang. Dengan adanya APIPA, DHCP client akan otomatis mengkonfigurasi sendiri alamat IP beserta subnet masknya, ketika DHCP server tidak tersedia atau belum dikonfigurasi.

Cara kerjanya adalah ketika klien tidak dapat menemukan informasi mengenai alamat IP, ia akan menggunakan APIPA untuk mengkonfigurasi sendiri alamat IPnya. Alamat IP APIPA sendiri dimulai dari 169.254.0.1 hingga 169.254.255.254. Klien juga mengkonfigurasi dirinya dengan subnet mask default class B 255.255.0.0. Alamat IP otomatis ini akan terus digunakan sampai server DHCP tersedia.

Menurut Microsoft, APIPA sendiri juga mengecek ketersediaan DHCP server setiap 5 menit, dan apabila ditemukan DHCP server dalam jaringan, APIPA akan berhenti secara otomatis dan klien akan mulai menggunakan IP dinamis yang disediakan oleh DHCP server.

Oke mungkin itu saja artikel singkat kali ini. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here