Mengganti Default Search Engine di Microsoft Edge dari Bing ke Google

Mengganti Default Search Engine di Microsoft Edge dari Bing ke Google. Bagi yang terbiasa menggunakan Google Chrome dan ingin mencoba Microsoft Edge, masalah pertama adalah bahwa SE bawaan di Edge adalah Bing. Itu bukan masalah sebenarnya jika kalian memang terbiasa menggunakan Bing. Namun jika kalian sudah terbiasa menggunakan Google, saya pikir tiba-tiba beralih ke Bing juga bukan ide yang bagus.

Alasan saya akhirnya mencoba menggunakan Edge sendiri karena di update terbaru, sudah terjadi banyak sekali penyempurnaan di browser ini. Dan bahkan diklaim lebih ringan dan lebih cepat dibanding Chrome ataupun Firefox. Dari segi tampilan juga sudah berubah total, tidak jadul lagi seperti Internet Explorer.

Mengganti Default Search Engine di Microsoft Edge

Pertama, kalian ketikkan google.com di address bar. Ini berlaku bagi kalian yang baru pertama kali menggunakan Edge. Tujuannya adalah untuk inisialisasi. Agar Edge mengenali search engine baru yang telah kalian akses.

Baca juga:

Selanjutnya klik menu yang ditandai dengan di pojok kanan atas. Lalu klik Settings.

Klik Advanced, lalu klik Change search provider.

Lalu pilih Google, lalu klik Set as default.

Selesai. Sekarang saat kalian mencari menggunakan keyword di address bar maka kalian akan diarahkan ke Google, bukan Bing lagi. Tutorial ini juga berlaku jika kalian ingin mengubah mesin pencari nya ke alamat lain, bukan Google saja.

Sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar. (yuyudhn/linuxsec)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here