Optimasi Database WordPress Menggunakan Plugin WP Optimize

Optimasi Database WordPress Menggunakan Plugin WP Optimize. Selain untuk meningkatkan performa website, dengan melakukan optimasi pada database WordPress maka ukuran database bisa mengecil sehingga lebih hemat space.

Sebenarnya kita bisa saja melakukan optimasi manual dengan cara menghapus table table yang tidak diperlukan melalui MySQL client dengan menggunakan perintah mysql query. Namun hal tersebut terlalu beresiko terutama jika kalian tidak familiar dengan perintah perintah mysql.

Nah, di tutorial ini kita akan membahas bagaimana cara optimasi database dengan menggunakan plugin WP Optimize.

Pertama, install plugin WP Optimize.

Selanjutnya klik menu Plugins > WP Optimize > Settings.

Ada beberapa cara untuk optimasi database seperti menghapus seluruh trash post, menghapus trash comment, menghapus komentar spam, dll. Kalian bisa centang yang ingin dihapus. Untuk list yang memiliki tanda seru atau warning, jika ingin dilakukan optimasi pastikan kalian tau apa yang kalian lakukan karena bisa saja malah beresiko membuat situs menjadi error. Sebaiknya backup dulu databse WordPress kalian sebelum melakukan optimasi menggunakan WP Optimize.

Baca juga:

Seberapa ampuh optimasi menggunakan WP Optimize?

Sebenarnya tergantung seberapa banyak “sampah” di database kalian. Di kasus saya sendiri optimasi menggunakan plugin ini sangat membantu.

Ini adalah ukuran database sebelum dioptimasi:

Dan ini adalah ukuran database sesudah dioptimasi:

Mengecil hampir setengah ukuran awal database.

Untuk menu menu lain di plugin WP Optimize kalian bisa explore sendiri. Oke mungkin itu saja tutorial kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here