Menambahkan Maintenance Mode di WordPress Tanpa Plugin

Menambahkan Maintenance Mode di WordPress Tanpa Plugin. Oke di tutorial kali ini saya akan sharing sedikit mengenai bagaimana cara menambahkan mode maintenance di situs WordPress. Adakalanya kita memerlukan mode maintenance misalnya ketika ingin mengubah beberapa tampilan sebelum dipublish kembali, dll. Nah, maintenance mode ini akan membuat situs kalian tidak dapat diakses oleh publik untuk beberapa saat.

Ada banyak plugin yang bisa dipakai untuk mengatur dan menampilkan mode maintenance ini. Namun bagi beberapa orang yang tidak ingin terlalu bergantung pada plugin, termasuk saya, ada solusi sederhana untuk menambahkan mode maintenance di WordPress tanpa menggunakan plugin.

Caranya adalah menambahkan baris fungsi baru di file functions.php theme yang aktif. Dan tambahkan baris kode berikut di paling bawah.

// WordPress Maintenance Mode
function wordpress_maintenance() {
if (!current_user_can('edit_themes') || !is_user_logged_in()) {
wp_die('<h1>Under Maintenance</h1><br />Website under planned maintenance. Please check back later.');
}
}
add_action('get_header', 'wordpress_maintenance');

Selanjutnya simpan. Mode maintenance ini akan aktif ketika diakses oleh guest, sementara admin akan tetap bisa melihat tampilan normal situs.

Kalian bisa sesuaikan sendiri untuk kata-kata atau pesan yang ingin ditampilkan di mode maintenancenya.

Menambahkan Maintenance Mode di WordPress Tanpa Plugin

Mudah bukan? Baiklah sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here