Optimasi WP Config untuk Meningkatkan Performa WordPress

Optimasi WP Config untuk Meningkatkan Performa WordPress. Oke ini sebenarnya untuk catatan pribadi saja kalo pengen install WordPress lagi dilain waktu. Jadi kita bisa mengubah konfigurasi WordPress melalui file wp-config.php untuk meningkatkan performa dari situs WordPress. Apa saja yang bisa dioptimasi? Berikut adalah daftar optimasi yang biasa saya lakukan.

Membatasi Jumlah Revisi

Fitur revision di WordPress memang sangat bermanfaat untuk mengembalikan postingan ke bentuk terdahulu sebelum direvisi. Yang jadi masalah adalah secara default fitur ini menympan seluruh hasil revisi yang menyebabkan ukuran database bengkak.

Edit file wp-config.php dan tambahkan kode berikut

define('WP_POST_REVISIONS', 3);

Kalian bisa sesuaikan sendiri jumlah maksimal revisi yang ingin disimpan di database.

Menonaktifkan Fitur Edit Plugin dan Template

Saya sendiri terbiasa untuk mengedit langsung dari ssh jadi fitur editor WordPress tidak terpakai. Menonaktifkan fitur ini juga berguna untuk meningkatkan keamanan.

define( 'DISALLOW_FILE_EDIT', true );
define( 'DISALLOW_FILE_MODS', true );

Kode diatas akan menonaktifkan fitur edit dan juga upload plugin serta theme di WordPress.

Lalu bagaimana jika ingin menginstall plugin ataupun theme baru? Kalian bisa upload langsung lewat file manager di hosting, ataupun menggunakan wget/scp lewat ssh.

Disable WP Cron

File bawaan wordpress bernama wp-cron.php ini default nya akan dieksekusi atau diload setiap kali visitor web kita membuka halaman. Tentunya hal ini akan memberatkan kinerja server. Dan tentu sangat terasa apabila kamu menggunakan server dengan spesifikasi yang rendah.

Disable dengan menambahkan kode berikut:

define( 'DISABLE_WP_CRON', true );

Opsional, kalian bisa mengeksekusi file tersebut menggunakan fitur cron dengan interval tertentu. Contohnya di vps saya gunakan cron dengan pengaturan berikut:

*/20 * * * * php -f /var/www/wordpress/wp-cron.php > /dev/null

Kode diatas akan mengeksekusi file wp-cron.php per 20menit.

Ini hasil akhirnya:

Tambahan:

Mengurangi Hari untuk Pengosongan Trash Comment

Secara default, trash comment atau komentar yang masuk ke kategori trash akan dihapus dalam 30 hari. Nah, kita bisa mengurangi jumlah harinya misalnya disini saya kurangi jadi 7 hari saja.

define('EMPTY_TRASH_DAYS', 7);

Jadi per tujuh hari komentar sampah akan dikosongkan. Atau kalian bisa disable sekalian dengan mengatur jumlah harinya ke 0. Namun saya pribadi lebih memilih membatasi ke hari tertentu daripada dinonaktifkan.

Oke mungkin itu saja optimasi file wp-config.php yang bisa kalian lakukan. Jika ada saran lain silahkan komentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here