Cara menggunakan DNSCrypt di Windows 10

Cara menggunakan DNSCrypt di Windows 10. DNSCrypt adalah protokol yang berfungsi untuk mengenkripsi komunikasi antara client dengan DNS resolver. Tujuannya sendiri adalah untuk menghindari dns leak, dan untuk melindungi pengguna agar trafik tidak direkam oleh provider internet yang kita gunakan. Dan karena dns nya dienkripsi, maka DNScrypt juga mampu untuk melewati blokir internet positif dari Kominfo.

Untuk menginstall DNScrypt di Windows 10 sangatlah mudah. Pertama, download file binary DNScrypt terbaru. Cari yang nama filenya dnscrypt-proxy-win*.zip. Ada versi 32bit dan 64bit, kalian bisa pilih yang sesuai dengan OS kalian. Namun jika kalian pengguna Windows 10, harusnya kalian pilih yang 64bit saja (karena Windows 10 hanya tersedia versi 64bit).

Disini saya download yang dnscrypt-proxy-win64-2.0.33.zip. Setelah download selesai, ekstrak di tempat yang kalian tentukan. Sebagai contoh disini saya ekstrak filenya di F:\Program\dnscrypt.

Cara menjalankannya, gunakan PowerShell dengan hak akses admin (run as Administrator).

Salin konfigurasi DNScrypt dengan perintah

cp example-dnscrypt-proxy.toml dnscrypt-proxy.toml

Install service DNScrypt dengan perintah

./dnscrypt-proxy -service install

Lalu jalankan service dnscrypt dengan perintah

./dnscrypt-proxy -service start

Jika tidak ada error, ubah pengaturan DNS di Control Panel > Network and Internet > Network Connections. Ganti primary DNS nya dengan 127.0.0.1, sementara secondary DNS silahkan dikosongkan.

Sekadang cek melalui situs DNS Leak Test seperti dnsleaktest.com atau situs sejenisnya.

Seharusnya sekarang DNS yang terdeteksi adalah DNS dari dnscrypt dan bukan lagi dns resolver dari provider internet yang kita gunakan.

Untuk pemasangan DNScrypt di Ubuntu, kalian bisa baca artikel berikut ini:

Oke, sekian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar.

1 KOMENTAR

  1. Dulu waktu pertama kali pake yg simple dnscrypt nya, cuman meski udah ada GUI agak kesusahan ngatur2 segala macam pengaturan karena tidak nemuin di jendela nya..

    Sekarang udah terbiasa ama dnscrypt-proxy ini, apalagi yg terbaru nya kan udah ada fitur anonymized DNS Relay yg mana maksud nya mengandalkan server relay buat perantara antara kita dengan server DNS Resolver.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here