Cara Mudah Flush DNS di Windows

Cara Mudah Flush DNS di Windows. Halo sobat TeknoKompi, kali ini saya akan menulis tentang bagaimana cara untuk melakukan flush DNS di sistem operasi Windows.

Flush DNS sendiri dilakukan untuk menghapus atau mereset cache DNS yang tersimpan di komuper yang kita pakai. Hal ini ditujukan untuk mengupdate cache DNS yang sudah usang atau untuk mempercepat efek dari perubahan DNS yang terjadi pada domain atau server.

Misalnya ketika seorang sysadmin mengubah pengaturan DNS pada domain yang ia kelola, normalnya perubahan DNS maksimal adalah 72jam saja. Namun jika lebih dari itu masih belum ada perubahan, bisa dipastikan hal tersebut dikarenakan adanya cache DNS yang tidak terupdate sehingga diperlukan flush DNS.

Untuk Flush DNS di Windows sendiri sangat mudah karena hanya membutuhkan Command Prompt. Di tutorial ini saya menggunakan Windows 10, namun untuk Windows versi lain caranya sama.

Pertama, kita jalankan CMD dengan hak akses administrator (run as admin).

Selanjutnya jalankan perintah

ipconfig /flushdns

Mudah bukan?

Kesimpulan

Flush DNS dilakukan untuk mengupdate cache DNS resolver dengan menghapus cache yang lama dan diganti cache yang baru. Flush DNS sendiri dilakukan untuk mempercepat perubahan pengaturan DNS pada sebuah domain maupun server.

Oke mungkin sekian artikel kali ini, jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here